18 Juni 2015

5 Tips Menjalani Puasa yang Baik

SESEORANG yang menjalankan puasa harus mengekang diri dari tuntutan biologis yang dapat membatalkan puasa. Meski demikian, kegiatan sehari-hari tetap terus berjalan. Banyak kiat yang bisa dicoba agar Anda tetap aktif dan energik saat puasa.

Berikut ini beberapa tipsnya, seperti dilansir laman berita kesehatan, Rabu (17/6):

1. Tetap bergerak

Saat berpuasa, Anda mungkin tergoda untuk bergerak sesedikit mungkin, tapi melakukan latihan ringan berupa beberapa peregangan atau 20 menit berjalan kaki benar-benar bisa meningkatkan tingkat energi Anda.

2. Hindari panas

Panas bisa membuat Anda kehilangan tenaga dan bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. Sebaiknya Anda tinggal di dalam rumah pada siang hari dan hindari berjalan keluar saat hari sedang panas.

3. Tidur siang

Tubuh Anda sudah berurusan dengan kekurangan makanan jadi sebaiknya Anda jangan kurang tidur juga. Cobalah untuk tidur yang cukup pada malam hari dan jika Anda merasa lelah di siang hari, maka tidak ada salahnya Anda tidur sejenak selama 20 hingga 30 menit untuk mengembalikan tingkat produktivitas dan energi Anda.

4. Jangan merokok

Merokok bisa membuat Anda merasa mual dan pusing ketika Anda berpuasa. Jadi, sebaiknya Anda menghindarinya. Ini juga kontra-intuitif di mana puasa dimaksudkan untuk detoksifikasi tubuh Anda dan merokok justru bisa meracuni sistem tubuh Anda.

5. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

Waktu berlalu ketika Anda bersenang-senang, kan? Jadi tidak ada salahnya jika Anda mengambil sedikit waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati. Ini akan membangkitkan pikiran dan meningkatkan tingkat energi Anda secara alami.

ads

0 komentar:

Posting Komentar